Tombol Like Facebook Digugat Pemilik hak paten almarhum Van Der Meer

like di gugatDengan julukan jejaring sosial nomor satu dunia dan memiliki jutaan pengguna, tidak berarti Facebook tidak pernah lepas dari masalah. Kabar terbaru mengatakan bahwa Facebook sedang tersandung kasus jempol.

Menurut penjelasan di Wikipedia, tombol like atau jempol mempunyai artian bagus atau direkomendasikan. Fitur seperti ini memang sudah lama sekali beredar di dunia maya, namun kemunculan serta penggunaan aktifnya dengan icon jempol teracung tersebut baru pertama kali diperkenalkan oleh Facebook pada tanggal 09 Februari 2009 silam.

Setelah munculnya fitur like ini, banyak jejaring sosial lain yang mengembangkan fitur tombol senada seperti yang dibuat Facebook. Namun, menurut lansiran berita dari Market Watch, Facebook digugat oleh sebuah perusahaan lain terkait dengan penggunaan tombol like tersebut.

Facebook menghadapi gugatan pidana oleh janda seorang pembuat program berkebangsaan Belanda Joannes Jozef Everardus van Der Meer, atas penggunaan tombol "like" dan fitur-fitur lain di jejaring sosial itu.

Joannes mengklaim sebagai pemegang hak paten yang mewakili perusahaannya Rembrandt Social Media. Mereka menyatakan kesuksesan Facebook sebagian besar karena menggunakan dua hak paten milik almarhum Van Der Meer tanpa izin. BBC menuliskan, tombol like yang digunakan Facebook itu merupakan hasil ciptaan seorang programer Belanda yang kini telah meninggal bernama Joannes Jozef Everardus van Der Meer.

Tombol tersebut juga telah memiliki hak paten yang kini dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Rembrandt Social Media. "Kita percaya paten yang dimiliki oleh Rembrandt dan digunakan oleh Facebook secara ilegal tersebut merupakan salah satu landasan dari berdirinya dunia jejaring sosial saat ini," ungkap pengacara dari Fish and Richardson, Tom Melsheimer.

Facebook sendiri mengatakan tidak akan berkomentar mengenai gugatan pidana yang didaftarkan di pengadilan Virginia tersebut. Kami yakin hak paten Rembrandt mewakili pondasi penting dari media sosial yang kita kenal sekarang, dan kami berharap hakim dan juri akan mencapai kesimpulan serupa berdasarkan bukti, kata pengacara Tom Melsheimer dari firma hukum Fish and Richardson, yang mewakili pemegang paten.

Sebelum Van Der Meer meninggal pada tahun 2004 silam, Rembrandt berhasil mendapatkan hak paten tersebut dan digunakan untuk membangun jejaring sosial yang dinamakan Surfbook. Hak paten tersebut juga telah dipatenkan oleh Van Der Meer pada tahun 1998 atau tepatnya 5 tahun sebelum munculnya Facebook. Karena penggunaan tombol like secara ilegal atau pelanggaran hak paten tersebut, maka Rembrandt mengirimkan surat gugatan ke pengadilan di Virginia.

Rembrandt kini memiliki hak paten atas teknologi yang digunakan Van Der Meer untuk membangun jejaring sosial bernama Surfbook, sebelum dia meninggal dunia pada 2004. Surfbook adalah buku harian sosial yang memungkinkan orang berbagi informasi dengan teman dan keluarga dan menyukai data menggunakan tombol "like," menurut berkas hukum yang didaftarkan oleh Fish and Richardson. Dokumen itu juga mengatakan Facebook mengetahui adanya hak paten itu.

Van der Meer memiliki dua paten software di AS yang, menurut pengacaranya, telah dilanggar oleh Facebook. Paten tersebut adalah paten No. 6,415,316 (Method and apparatus for implementing a web page diary) dan No. 6,289,362 (System and method for generating, transferring and using an annotated universal address).

like di gugatPaten yang pertama disebut telah dilanggar oleh fitur Timeline di Facebook. Sedangkan yang kedua, disebut telah dilanggar oleh tombol Like. Entah seberapa kuat gugatan ini sebenarnya. Namun Rembrandt Social Media tampaknya serius ingin memenangkannya.

Mereka bahkan telah menunjuk firma pengacara Fish & Richardson, yang dikenal kuat di bidang hak kekayaan intelektual. Klien Fish & Richardson sebelum ini termasuk Alexander Graham Bell, Thomas Edison dan Wright bersaudara.

Nama Counter : Berbagai sumber 

Kembali

Rek.Bank

Bank Mandiri
139-00-1051208-9

Bank BNI
019-4127-774

Bank BCA
046-1073-408

Bank BRI
0077-01-009130-53-0

Bank Syariah Mandiri
1-777-038-456

Semua an. Dwi Sartika

Kontak Kami

0821-3834-7789
(WhatsApp / Telegram)
0281-640-860
(Telp.Kantor)

 

Email:
admin@voucher-pulsa.net
Google+

Alamat:

UD. MAKMUR MANDIRI
Jln. Pekih No.290 Sokanegara
Purwokerto JAWA TENGAH-53115

Copyright © 2009