Indosat Menyerah di Bisnis Digital XL dan Telkomsel Optimistis Melanjutkan

Beberapa saat lalu, operator telekomunikasi Indosat menyatakan menyerah dari bisnis digital karena pertumbuhannya dianggap tak sesuai harapan dan akan menghentikan aktivitas bisnis digitalnya yang diawali dengan menutup e-commerce yang dikembangkannya yakni Cipika.

Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo, mengatakan bahwa pihaknya juga akan mengurangi kegiatan, layanan pembayaran digital Dompetku. “Nantinya satu-satunya bisnis digital yang Indosat masih akan tekuni adalah IMX, yaitu solusi portal iklan,” jelas Alex.

Hal ini berbeda dengan operator telekomunikasi lain yang justru semakin gencar masuk ke bisnis digital.

Baru-baru ini Hutchitson 3 Indonesia (Tri) merilis aplikasi mobile bertajuk “Bima+” yang merupakan layanan hiburan all-in-one untuk musik, film, hingga e-commerce. Tak cuma Tri, XL Axiata dan Telkomsel pun optimis untuk terus mengembangkan bisnis digital.

CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengakui bahwa bisnis digital belum berkontribusi banyak terhadap pendapatan perusahaan. Ia pun berdalih hal tersebut wajar karena XL Axiata baru memasuki tahun keempat terjun ke bisnis digital.

“Kalau bisnis digital itu paling tidak butuh waktu 7 sampai 8 tahun beroperasi baru bisa menghasilkan duit. Amazon aja make money waktu tahun ke-8,” kata Dian.

Bisnis digital XL Axiata antara lain layanan e-commerce Elevania, layanan uang elektronik XL Tunai, dan layanan iklan digital Adreach. Saat ini bisnis digital tersebut baru menyumbang 5 persen ke pendapatan total XL Axiata, berbeda dengan data yang kontribusinya mencapai 65 persen.

Dian Siswarini mengatakan bisnis digital dan bisnis telekomunikasi sejatinya tak bisa dibanding-bandingkan karena indikator keberhasilannya berbeda. Jika telekomunikasi langsung revenue, maka bisnis digital berupa transaksi dan unique visitor.

“Di Elevania unique visitor kami sudah sampai 2,5 juta. Itu tumbuh terus, tapi unique visitor dan transaksi besar belum serta-merta berbanding lurus dengan revenue. Memang butuh waktu lah,” Dian Siswarini menuturkan.

Berbeda dengan Indosat, Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel menyatakan pihaknya akan terus melanjutkan bisnis digital yang dikembangkan oleh perusahaan yang dipimpinnya.

“Kita akan teruskan, tidak ada rencana untuk menghentikan bisnis digital kami,” ungkap Ririek saat ditemui di Kantor Kementrian Kominfo.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Dian Siswarini, Direktur Utama XL Axiata mengakui memang tidak mudah bagi operator selular untuk mengelola bisnis digital.

“Matriks yang ada di bisnis digital itu berbeda sekali dengan operator. Disana ada unique visitor, trafik, dan sebagainya,” jelas Dian.

Lebih lanjut Dian menyampikan butuh waktu yang lama bagi digital bisnis untuk bisa menghasilkan uang. Di satu sisi bisnis operator juga membutuhkan CAPEX yang besar.

Dian berasumsi butuh waktu sekitar tujuh tahun bagi digital bisnis yang dikembangkan operator untuk bisa menghasilkan uang.

Sewarna dengan XL Axiata, Telkomsel juga mengatakan pendapatan dari bisnis digital masih terhitung kecil, meski pertumbuhannya sesuai dengan harapan. Menurut CEO Telkomsel, Ririek Adriansyah, bisnis digital tak semata-mata tentang revenue.

“Bukan cuma revenue yang kami pikirkan, tapi kan ada value lain misalnya memberikan benefit lebih ke pelanggan,” kata Ririek pada kesempatan yang sama.

Saat ini bisnis digital Telkomsel terdiri dari layanan broadband dan layanan digital yang meliputi Digital Lifestyle (konten musik, video, games, dan lain-lain), Digital Advertising, Digital Payment (mobile banking, T-Cash, T-Wallet), dan Internet of Things (T-Drive, T-Bike, dan lain-lain).

Per Mei 2017 lalu, gabungan bisnis digital Telkomsel yang terdiri dari layanan digital dan koneksi data berkontribusi terhadap sekitar 40 persen total pendapatan.

Nama Counter : Indosat Menyerah XL dan Telkomsel  

Kembali

Rek.Bank

Bank Mandiri
139-00-1051208-9

Bank BNI
019-4127-774

Bank BCA
046-1073-408

Bank BRI
0077-01-009130-53-0

Bank Syariah Mandiri
1-777-038-456

Semua an. Dwi Sartika

Kontak Kami

0821-3834-7789
(WhatsApp / Telegram)
0281-640-860
(Telp.Kantor)

 

Email:
admin@voucher-pulsa.net
Google+

Alamat:

UD. MAKMUR MANDIRI
Jln. Pekih No.290 Sokanegara
Purwokerto JAWA TENGAH-53115

Copyright © 2009