Indosat Ajak Telkomsel Untuk Saling Kerja Sama Sharing Networking

Sales Manager Indosat Ooredoo Kalimantan, Dody Kusuma mengatakan Indosa berniat mengajak Telkomsel bekerja sama dalam sharing networking jaringan di area Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.  Indosat mendominasi penguasaan pasar telekomunikasi di Kalimantan Barat, sedangkan Telkomsel di Kalimantan Utara (Kaltara).

Alasan kerja sama ini, menurut Dody, karena Indosat mendominasi penguasaan pasar telekomunikasi di Kalimantan Barat, sedangkan Telkomsel di Kalimantan Utara.

“Kalau kami diizinkan memanfaatkan jaringan Telkomsel di Kalimantan Utara, Telkomsel juga boleh menggunakan jaringan Indosat di Kalimantan Barat,” tutur Dody ditemui di Balikpapan beberapa waktu lalu.

Telkomsel dan Indosat merupakan dua operator seluler besar di Kalimantan. Telkomsel mengantongi 39 juta pengguna di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan. Sementara Indosat memiliki 3,5 juta pelanggan untuk wilayah Kalimantan yang berpenduduk 14 juta jiwa.

Menurut Dody, Indosat sudah mulai memberlakukan network sharing dengan  XL Axiata. Kerja sama meliputi penguatan jaringan di dua wilayah yakni area Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.  “Kami sudah menjalin kerja sama network sharing dengan XL di wilayah Makassar dan Banjarmasin. Indosat kuat di Banjarmasin, sedangkan XL kuat di Makassar. Saling berkolaborasi saja,” ungkapnya.

Dody mengatakan sistim network sharing mampu meminimalisir biaya investasi infrastruktur operasional BTS di Makassar dan Banjarmasin. “Kami bisa sama-sama memperlebar jaringan telekomunikasi dengan meminimalisir biaya investasi.”

Ia mengakui network sharing mampu menekan biaya investasi infrastruktur dan biaya operasional jaringan di Makassar dan Banjarmasin. Menurutnya, baik Indosat maupun XL diuntungkan karena dapat melakukan ekspansi jaringan lebih luas.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Muhammad Imam Nashiruddin mengatakan Telkomsel masih menolak penerapan network sharing diberlakukan di Indonesia. Sebagai penguasa jaringan telekomunikasi Indonesia, menurutnya penerapan network sharing akan berpengaruh terhadap pendapatan Telkomsel.

“Pendapatan Telkomsel sebesar 70 persen berada di luar Pulau Jawa. Apabila network sharing diberlakukan akan berdampak negatif terhadap eksistensi pasar Telkomsel di luar Jawa. Padahal mereka sudah terlanjur  investasi besar di luar Jawa,” ucap Imam.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang merumuskan ketentuan yang mengatur soal kerja sama network sharing yang diprioritaskan di remote area. Prioritas kerja sama network sharing akan dilakukan di beberapa kawasan non komersil di Indonesia.

“Pemerintah sedang merumuskan formula yang tepat soal network sharing ini. Salah satunya mengatur lokasi kerjasama di area non komersil Indonesia seperti perbatasan dan hutan. Saat ini Telkomsel memang masih menolak, tapi nanti juga mereka akan merasakan manfaatnya,” ucap Imam.

Nama Counter : Indosat danTelkomsel Sharing Networking 

Kembali

Rek.Bank

Bank Mandiri
139-00-1051208-9

Bank BNI
019-4127-774

Bank BCA
046-1073-408

Bank BRI
0077-01-009130-53-0

Bank Syariah Mandiri
1-777-038-456

Semua an. Dwi Sartika

Kontak Kami

0821-3834-7789
(WhatsApp / Telegram)
0281-640-860
(Telp.Kantor)

 

Email:
admin@voucher-pulsa.net
Google+

Alamat:

UD. MAKMUR MANDIRI
Jln. Pekih No.290 Sokanegara
Purwokerto JAWA TENGAH-53115

Copyright © 2009