Akhirnya Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia Menggusur Nokia

samsung juara duniaUntuk pertama kalinya, Samsung menggusur Nokia dari tahta vendor ponsel dengan pengapalan terbanyak. Dengan demikian, perusahaan asal Korea Selatan itu kini menjadi perusahaan mobile terbesar di dunia.

Jika dulu julukan raja ponsel sejuta umat dipegang oleh Nokia, tahun ini Nokia harus rela melepas predikat tersebut. Untuk pertama kalinya, Samsung Electronic berhasil menggusur Nokia sebagai raja ponsel dunia setelah sebelumnya 14 tahun berkuasa.

Ya, meski selama ini Samsung berhasil merajai penjualan smartphone untuk skala global namun prestasinya itu tak pernah mampu menggoyang Nokia yang lebih dulu mengusai bisnis cellphone alias ponsel. Pasalnya, dengan posisinya sebagai ‘senior’, tidak mengherankan apabila Nokia berhasil menjaring dan mempertahankan jutaan penggemar fanatiknya di pasaran ponsel. Lantas bagaimana posisi yang seakan-akan tak bisa digeser itu bisa berubah pada tahun ini?

Kejatuhan Nokia dalam hal pengapalan barang secara otomatis membuat posisi Samsung berubah menjadi di urutan pertama. Terhitung sejak 1998 lalu, ini adalah kali pertamanya kedudukan Nokia bergeser menjadi di urutan kedua. Analis senior komunikasi nirkabel di IHS, Wayne Lam mengatakan realitas kompetitif pasar ponsel pada 2012 adalah hidup dengan smartphone dan mati dengan smartphone. Kondisi ini mau tak mau berpengaruh banyak terharap tingkat penjualan ponsel tradisional.

Samsung menempati porsi 29% dari semua perangkat mobile yang dikapalkan secara global pada 2012. Persentase ini naik dari angka 24% di tahun sebelumnya. Sementara itu pangsa pasar Nokia turun menjadi 24 persen, dari sebelumnya 30 persen di tahun 2011. Yang menarik adalah mengetahui bahwa Apple berada di urutan ketiga setelah Samsung dan Nokia.

Statistik versi IHS iSuppli menunjukkan, Apple hanya mampu mengambil porsi 10% dari 'kue' pengapalan perangkat mobile secara global. iPhone Apple memang meraksasa, namun itu cuma di ranah smartphone. Sedangkan segmen menengah ke bawah yang biasa diisi feature phone, Apple tak punya produk jagoan.Berturut-turut setelahnya adalah ZTE dengan porsi 6% dan LG di posisi kelima yang mendapat jatah 4%.

Masih mengacu kepada hasil survei, strategi pembaharuan desain serta manufaktur yang dilakukan Samsung secara terus-menerus merupakan faktor utama di balik keberhasilannya menaklukkan pasar ponsel dunia. Tercatat setiap tahun Samsung memproduksi belasan model smartphone baru yang menyasar baik kelas high-end maupun low-end.

Untuk pengembangan produknya, Samsung terus melakukan monitor mengenai tren desain terbaru, kebutuhan masyarakat hingga potensi pasar yang kemudian ditindaklanjutinya dalam bentuk produk-produk baru dalam waktu singkat.

Smartphone Galaxy S3 menjadi ujung tombak kesuksesan Samsung dalam pencapaian ini. Seri tersebut terjual lebih dari 30 juta unit. Selain itu, Galaxy Note dan Galaxy Note 2 yang awalnya dicemooh karena ukuran layarnya yang tanggung untuk ponsel maupun tablet, juga memperlihatkan penjualan mengesankan.

Sementara itu, HTC Corp. dan Research in Motion (RIM) yang memproduksi perangkat BlackBerry, terus menghadapi tantangan di pasar smartphone karena persaingan yang ketat. IHS memprediksi bahwa pangsa pasar smartphone HTC menyusut menjadi 5% pada 2012, dari 9% tahun sebelumnya. Sementara itu, pangsa pasar RIM turun menjadi 5% dari 11% di tahun sebelumnya.

Banyak analis berpendapat, tahun 2012 adalah tahunnya smartphone. Produk ini mewakili segmen yang tumbuh paling cepat di pasar ponsel. Smartphone diperkirakan mengambil porsi hampir setengah dari pengapalan handset wireless global di 2012.

Dikutip dari WallStreetJournal, juga memprediksi bahwa penetrasi smartphone akan terus meningkat pada 2013. Pengapalan smartphone secara global tercatat meningkat 35,5% pada tahun ini, sementara pengapalan ponsel hanya naik 1 persen

samsung juara duniaBerlainan dengan Samsung, strategi Nokia yang mengubah OS-nya dari Symbian menuju ke windows phone ditengarai banyak kalangan tidak berhasil. Ini terlihat dari kurang berhasilnya tingkat penjualan ponsel Nokia yang berbasis Windows 7 dalam rangka menutup kerugian yang muncul.

Nama Counter : Berbagai sumber 

Kembali

Rek.Bank

Bank Mandiri
139-00-1051208-9

Bank BNI
019-4127-774

Bank BCA
046-1073-408

Bank BRI
0077-01-009130-53-0

Bank Syariah Mandiri
1-777-038-456

Semua an. Dwi Sartika

Kontak Kami

0821-3834-7789
(WhatsApp / Telegram)
0281-640-860
(Telp.Kantor)

 

Email:
admin@voucher-pulsa.net
Google+

Alamat:

UD. MAKMUR MANDIRI
Jln. Pekih No.290 Sokanegara
Purwokerto JAWA TENGAH-53115

Copyright © 2009